Bau mulut yang dialami seseorang tak selalu berarti orang tersebut tidak menyikat gigi.  Tanpa Anda sadari, makanan bisa saja menjadi faktor penyebab munculnya bau mulut yang Anda alami. Berbagai makanan favorit Anda, yang selama ini Anda santap tanpa pikir panjang ternyata berpotensi menimbulkan bau mulut. Apa saja jenis makanannya?

Bawang putih

Jenis rempah ini ternyata bisa bikin bau mulut. Padahal bawang putih adalah salah satu bumbu dasar yang sering digunakan untuk memasak berbagai makanan. Masakan Indonesia hampir selalu mengandung rempah satu ini. Bahkan, mengonsumsi bawang putih juga bisa menjadi salah satu cara alami untuk menurunkan kolesterol. Namun sayangnya, bawang putih bisa meninggalkan aroma tidak sedap selama berjam-jam di dalam mulut.

Kopi

Minum kopi di pagi hari sebelum beraktivitas sudaj menjadi kebutuhan. Bahkan, sebagian orang meminum lebih banyak kopi untuk bisa produktif sepanjang hari. Namun ternyata, kandungan asam pada kopi dan enzim alaminya akan bertemu dengan air liur dalam mulut. Akibatnya, rongga mulut Anda akan menghasilkan aroma yang kurang sedap.

Permen

Banyak orang memilih mengunyah permen untuk menghilangkan bau mulut. Benarkah efektif? Mengunyah permen memang dapat memberikan sensasi segar dan ‘harum’ di mulit secara temporer. Namun sebenarnya efek ini cepat hilang. Permen mengandung gula di dalamnya. Gula tersebut bertemu dengan bakteri dalam mulut yang mengeluarkan zat berbau tak sedap.

Susu

Mengonsumsi susu memang sehat dan lezat, tetapi jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan, maka aroma mulut akan menjadi tidak sedap! Untuk meminimalisir bau yang timbul, usahakan minum banyak air mineral setelah minum susu untuk menghilangkan bau tersebut.

Junk food

Ada alasannya kenapa makanan siap saji disebut ‘junk food’. Ya, makanan siap saji memang berkalori tinggi namun minim gizi, sehingga jika sering dikonsumsi akan membuat Anda seperti memakan ‘sampah’ yang tidak ada manfaatnya untuk tubuh. Akan tetapi bukan itu saja, sering mengonsumsi junk food juga dapat membuat Anda bau mulut, alasannya  kandungan lemak dan kalori yang tinggi pada junk food  menyebabkan sistem pencernaan bekerja sangat keras. Pencernaan yang ‘bermasalah’ dapat mengakibatkan bau mulut.

Meski dapat menyebabkan bau mulut, tidak berarti Anda harus menghindari makanan-makanan tersebut 100%, sebab beberapa jenis makanan penyebab bau mulut memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahkan, untuk junk food sekalipun, sah-sah saja untuk mengonsumsinya sesekali dalam porsi yang wajar. Lantas bagaimana menangani masalah bau mulut tersebut? Pertama, minumlah cukup air putih setelah makan, apapun jenis makanannya. Air putih berfungsi membilas sisa-sia makanan di mulut dan juga membantu mengoptimalkan kerja organ pencernaan Anda.

Selain itu, berkumurlah dengan, Total Care Mouthwash Cool Mint yang berkhasiat  membantu menjaga gigi tetap putih alami, mencegah gangguan mulut, gusi, gigi serta memberikan kesegaran nafas tahan lama dengan rasa Mint yang segar. Long Lasting Freshness dengan formula yang efektif melindungi mulut, gigi dan gusi lebih lama secara menyeluruh serta menggunakan bahan yang aman digunakan. Berkumurlah setelah Anda selesai makan. Apalagi jika Anda tidak bisa segera menyikat gigi. Total Care Mouthwash Mint, bikin nafas Anda segar dan percaya diri sepanjang hari.

Kini, mendapatkan Total care Mothwash Cool Mint dan varian lainnya lebih mudah karena sudah tersedia di marketplace favorit Anda seperti Blibli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee.