Sikat gigi dua kali sehari, mungkin sudah Anda lakukan. Tapi kenapa ya bau mulut tetap ada dan bikin kepercayaan diri turun? Bisa jadi cara menyikat gigi Anda yang salah atau mungkin kebiasaan sehari-hari Andalah penyebabnya. Coba teliti kebiasaan yang mungkin Anda lakukan berikut ini.

Gosok Gigi Kurang Bersih

Punya Masalah Bau Mulut? Waspada 5 Penyebabnya!

Gosok gigi memang sudah dua kali sehari, tetapi bisa saja Anda tidak menmbersihkannya hingga tuntas. Misalnya, sikat gigi Anda gagal menjangkau sisi gigi terdalam. Atau bisa saja Anda telah menyikat gigi dua kali sehari tapi di waktu yang tidak tepat. Saat menyikat gigi terbaik adalah setelah sarapan pagi dan malam hari sebelum tidur. Selain gigi, lidah dan bagia pipi dalam juga perlu dibersihkan untukmengurangi jumlah bakteri.

Merokok

Punya Masalah Bau Mulut? Waspada 5 Penyebabnya!

Perokok memiliki aroma napas yang khas. Hal ini berasal dari asap panas rokok yang menyebabkan mulut menjadi lebih kering. Saat produksi air liur menurun inilah bau mulut muncul. Celakanya, bau mulut akibat rokok cukup kuat dan lumayan sulit hilang. Namun para perokok biasanya tidak menyadari hal ini karena indra pencium dan pengecap yang menurun fungsinya akibat rokok.

Diet ketogenik

Punya Masalah Bau Mulut? Waspada 5 Penyebabnya!

Diet rendah karbo tinggi protein atau populer dengan istilah diet ketogenik saat ini sering menjadi pilihan orang yang ingin menurunkan berat badan. Sayangnya, diet rendah karbo semacam ini memiliki ‘efek samping’ berupa bau mulu dan bau urin yang lebih tajam. Hal ini terjadi saat tubuh berada dalam kondisi ketosis yaitu saat sistem mulai membakar lemak untuk menghasilkan energi. Proses ini menciptakan produk yang disebut keton. Keton dikeluarkan tubuh lewat urin dan napas yang bau.

Bernapas Lewat Mulut

Punya Masalah Bau Mulut? Waspada 5 Penyebabnya!

Tahukah Anda jika malam hari saat tidur, produksi air liur akan berkurang drastis. Penurunan prouksi air liur ini mengakibatkan napas menjadi bau ketika bangun tidur. Apalagi jika Anda punya kebiasaan tidur sambil ngorok atau bernapas lewat mulut (xerostomia). Solusinya, atasi kebiasaan mengorok (biasa berkonsultasi dengan dokter ahli) dan perbanyak konsumsi air putih. Selain itu, jangan lupa menjaga kebersihan gigi dan mulut dengan menggosok gigi secara teratur sebelum tidur.

Makanan Berbau Tajam

Punya Masalah Bau Mulut? Waspada 5 Penyebabnya!

You are what you eat. Ungkapan ini ada benarnya lho. Sebab apa saja yang masuk ke mulut Anda, bisa memengaruhi aroma mulut Anda, khususnya jika Anda makan makanan berbau tajam semisal, bawang putih, bawang bombay, petai, jengkol, dan makanan pedas. Akibatnya mulu dan urin akan berbau lebih tajam daripada jika Anda memakan makanan yang aromanya biasa saja (tidak menyengat).

Konsumsi obat-obatan

Punya Masalah Bau Mulut? Waspada 5 Penyebabnya!

Harapannya, mengonsumsi obat-obatan dapat menyembuhkan penyakit yang sedang Anda derita. Akan tetapi beberapa jenis obat terkadang justru menciptakan masalah baru, yaitu bau mulut! Sebab beberapa obat memiliki efek samping membuat mulut kering yang akhirnya berkontribusi pada munculnya bau mulut. Jika Anda mengalami hal ini, maka mintalah pada dokter untuk mengganti jenis obat yang Anda konsumsi.

Selain menghindari penyebab bau mulut di atas, Anda juga bisa berkumur Total Care Mouthwash Sensitive Teeth. Formulanya mampu melindungi gigi sensitif dan mencegah gangguan mulut, gusi dan timbulnya sariawan. Long Lasting Freshness dengan formula yang efektif melindungi mulut, gigi dan gusi lebih lama secara menyeluruh serta menggunakan bahan yang aman di gunakan. Dengan kandungan bebas alkohol dan sudah bersertifikasi halal sehingga menambah rasa nyaman saat digunakan.

Formula baru dari Total Care mouthwash memberikan 8 perlindungan mulut, yaitu;  Melindungi gusi dan gigi, mencegah mulut kering, menjaga kebersihan mulut mencegah timbulnya plak, nafas segar tahan lama, mencegah gigi berlubang, membunuh kuman, dan merawat kekuatan email. Pemilik gigi sensitif, tak perlu khawatir menghadapi masalah bau mulut bersama Total Care Mouthwash Sensitive Teeth. Dapatkan Total Care Mouthwash Sensitive Teeth dan varian lainnya melalui marketplace online favorit Anda yaitu Blibli, Lazada, Shoppe, dan Tokopedia.