Bulan puasa pastinya membawa berbagai kebaikan; misalnya kita jadi lebih mampu menjaga perkataan, lebih sabar menahan emosi dan sangat menikmati indahnya beribadah. Nah salah satu kebaikan yang dapat kita lakukan adalah menjaga kebersihan gigi dan mulut agar puasa kita berjalan dengan baik dan bau mulut enggan menghampiri. coba lakukan 5 tips untuk menghilangkan bau mulut saat puasa berikut ini.

Sikat gigi sebelum imsak

Sebagian orang yang berpuasa meyakini bahwa sikat gigi dan berkumur saat sedang berpuasa sebaiknya tidak dilakukan. Alasannya, khawatir air dan pasta gigi tak sengaja tertelan. Oleh karena itu sebagian orang lebih nyaman membersihkan mulut sebelum masuk waktu imsak. Ingat, walaupun sedang berpuasa, tetaplah menyikat gigi dua kali sehari. Pertama setelah sahur sebelum memasuki waktu imasak. Kedua, sikat gigi sebelum tidur seperti biasanya. Dengan menyikat gigi secara teratur, masalah bau mulut dapat diminimalisir.

Jangan kurangi minum

Banyak orang yang asupan air minumnya berkurang selama bulan puasa. Alasannya, waktu berbuka dan sahur yang singkat. Sementara di waktu lainnya kamu harus melaksanakan sholat tarawih dan tidur. Sebenarnya, asupan air minum sebaiknya tidak bekurang meski sedang berpuasa.

Kamu perlu menyiasati agar dapat tetap mengonsumsi volume air yang sama meski waktu yang dimiliki lebih singkat. Salah satu caranya adalah berbuka puasa dengan minum air putih. Sebab berbuka puasa dengan minuman manis cenderung membuat Anda ‘kenyang’ sehingga pada akhirnya Anda akan minum lebih sedikit. Pecah menjadi dua kali kebutuhan minum kamu, yaitu saat berbuka puasa hingga sebelum tidur dan saat sahur.

Perhatikan menu makanan

Perhatikan menu kamu saat sahur dan berbuka. Jangan mengonsumsi makanan yang dapat menyebabkan bau mulut atau paling tidak, batasi konsumsinya. Misalnya saja bawang putih, jengkol, telur, junk food, kafein, dan lain sebagainya. Jenis makanan tertentu terkadang menyebabkan bau mulut lebih parah meskipun sudah dikonsumsi berjam-jam yang lalu. Jadi pastikan betul menu makanan kamu, tergolong ‘aman’ dan tidak menyebabkan bau mulut.

Batasi makanan manis

Kamu mungkin sudah terbiasa dengan konsep berbuka puasa dengan makanan manis. Memang mengonsumsi makanan manis saat sahur ataupun berbuka berpuasa dapat memberi kamu energi dengan cepat. Akan tetapi, jangan pula mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab sisa makanan manis yang tertinggal di mulut bukan hanya dapat menimbulkan bau, tetapi juga merusak gigi yang pada akhirnya dapat memperparah bau mulut. Jadi, janganlah makan dan minum manis secara berlebihan. Lebih baik lagi jika kamu dapat memilih makanan manis yang alami seperti kurma daripada yang mengandung pemanis artifisial.

Mouthwash andalan

Selama puasa, pastikan mouthwash andalan selalu tersedia di kamar mandi dan tas kamu. Berkumurlah setelah menyikat gigi sebelum memasuki waktu imsak. Sikat gigi saja terkadang tak cukup, maksimalkan perawatan dan perlindungan mulut dengan berkumur pakai mouthwash. Sebab, mouthwash mampu menjangkau bagian mulut yang tidak tersentuh oleh sikat gigi. Anda juga tidak perlu bingung memilih mouthwash yang aman dan halal digunakan. Pilih saja Total Care Mouthwash Cool Mint yang  membantu menjaga kebersihan mulut, gusi & gigi sehingga dapat mencegah gangguan mulut, gusi, gigi serta memberikan kesegaran nafas tahan lama dengan rasa Mint yang segar.

Long Lasting Freshness dengan formula yang efektif melindungi mulut, gigi dan gusi lebih lama secara menyeluruh serta menggunakan bahan yang aman digunakan setiap hari serta memiliki sertifikasi halal dari MUI. Total Care Mouthwash Mint, bikin nafas Anda segar dan percaya diri sepanjang hari.

Kini, mendapatkan Total care Mothwash Cool Mint dan varian lainnya lebih mudah karena sudah tersedia di marketplace favorit Anda seperti Blibli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee.