Risiko bau mulut, seringkali meningkat tatkala memasuki bulan puasa. Apa saja hal yang berpotensi menyebabkan bau mulut ketika puasa dan bagaimana seharusnya Anda mengatasinya?

Asam lambung naik

Tahukah Anda jika asam lambung yang naik ternyata dapat menyebabkan bau mulut? Ternyata begitulah faktanya. Oleh karena itu, hindari makanan dan minuman yang dapat memicu naiknya asam lambung Anda, khususnya pada saat sahur. Makanan dan minuman pemicu naiknya asam lambung antara lain, minuman berkarbonasi, gorengan, kafein.  Anda juga perlu menghindari makanan yang mengandung gas seperti ubi atau kol. Selain itu beberapa makanan seperti junk food, telur, jengkol, dan petai juga perlu dihindari, karena meski tak menyebabkan asam lambung naik, namun dapat mempertajam bau mulut.

Dehidrasi

Sebagian orang mungkin merasa kesulitan memenuhi kebutuhan air minum harian. Tak seperti saat tak berpuasa, dimana Anda dapat minum kapan saja, maka di bulan puasa waktu minum Anda terbatas pada saat setelah berbuka dan sahur saja. Namun bagaimanapun, tubuh harus tetap terhidrasi dengan baik. Jadi cobalah mengatur ‘jadwal’ minum Anda menjadi; dua sampai tiga gelas saat sahur, dua gelas saat berbuka, dua gelas setelah makan malam, dan satu hingga dua gelas sebelum tidur. Pada saat berpuasa, produksi liur akan berkurang sehingga lambat laun mengental dan menyebabkan bau. Tubuh yang terhidrasi dengan baik dapat meminimalisir risiko tersebut.

Lalai menyikat gigi

Tetaplah menyikat gigi dua kali sehari selama sedang berpuasa. Anda bisa melakukannya setelah sahur sebelum waktu imsak, dan malam hari sebelum tidur. Sikat gigi secara menyeluruh, lalu lanjutkan berkumur dengan Total Care Mouthwash Cool Mint yang dapat mencegah gangguan mulut, gusi, gigi serta memberikan kesegaran nafas tahan lama dengan rasa Mint yang segar. Total Care Mouthwash Cool Mint, bikin nafas Anda segar dan percaya diri sepanjang hari bebas alkohol sehingga tidak membuat mulut perih saat berkumur dan memiliki sertifikasi halal dari MUI. Pas untuk menemani Anda selama berpuasa.

Kini, mendapatkan Total Care Mothwash Cool Mint dan varian lainnya lebih mudah karena sudah tersedia di marketplace favorit Anda seperti Blibli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee.