Bau mulut merupakan salah satu masalah yang menghampiri banyak orang. Hilang rasa percaya diri juga bisa disebabkan oleh bau mulut, untuk itu yuk kita cari tau apa sih yang bisa menyebabkan bau mulut dan bagaimana cara mengatasinya.

 

Kebiasaan Penyebab Bau Mulut

Bau mulut tidak sedap atau halitosis dapat disebabkan oleh berbagai hal. Umumnya bau mulut timbul karena adanya bakteri dalam mulut. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang menyebabkan timbulnya bakteri penyebab  bau mulut.

  • Kurang mengonsumsi air putih

Selain dehidrasi, kurang minum air putih juga bisa menyebabkan bau mulut, lho. Membiarkan mulut kering karena kekurangan cairan akan mengundang masuknya bakteri penyebab bau mulut. Itulah penting bagi kita mengonsumsi air putih yang cukup untuk menghindari halitosis atau bau mulut.

  • Konsumsi kopi berlebihan

Perlu Anda ketahui bahwa kopi mengandung senyawa sulfur yang tinggi, senyawa inilah sebagai salah satu penyebab bau mulut. Selain itu, kafein dari kopi akan mengering di dalam mulut menyebabkan mulut tidak menghasilkan cukup air liur.  Mulut yang kering ini kemudian menjadi berbau karena tidak menghasilkan air liur yang dapat membunuh bakteri di mulut.

  • Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok dapat membuat asap rokok menempel pada baju serta napas Anda juga akan menjadi bau asap. Kebiasaan tersebut juga dapat mengakibatkan mulut kering sehingga dapat menimbulkan bakteri penyebab bau mulut yang tidak sedap. Para perokok ini juga akan lebih rentan mengalami penyakit gusi dan masalah mulut yang lainnya.

  • Sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi

Sudah kita ketahui bahwa sisa-sisa makanan yang tertinggal di mulut turut andil dalam memberikan aroma tidak sedap pada mulut. Jika Anda tidak menyikat gigi dan tidak menggunakan benang gigi atau tidak berkumur dengan obat kumur secara rutin, maka sisa-sisa makanan akan tertinggal di sela-sela gigi. Hal ini dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri di gigi, lidah, dan gusi yang menyebabkan bau mulut.

Setelah mengetahui keempat hal diatas yang merupakan penyebab bau mulut. Lalu bagaimana cara supaya kita bisa terhindar dari bau mulut? Simak caranya berikut ini.

Baca Juga: Cara Ampuh Menghilangkan Bau Mulut Sekaligus Membersihkan Gigi Kuning

 

Menghindari Bau Mulut

Mulut yang segar dan bebas dari bau tidak sedap bisa didapatkan dengan cara yang sederhana. Berikut ini adalah hal-hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghindari bau mulut.

  • Minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter per hari
  • Kurangi kebiasaan merokok 
  • Kurangi konsumsi kopi
  • Bersihkan mulut dengan berkumur menggunakan Total Care Mouthwash sebanyak 3x sehari. 

Itulah beberapa kebiasaan apa saja yang dapat menimbulkan bau mulut dan cara-cara sederhana untuk menghindarinya. Berkumur dengan Total Care Mouthwash adalah salah satu langkah awal untuk menghindari bau mulut. Kandungan Total Care Mouthwash dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda dari bakteri dan kuman karena mengandung Formula CPC, Xylitol, dan 99% Natural Antibacterial. Dapatkan semua varian Total Care Mouthwash di Blibli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee.