Anak-anak ternyata juga bisa mengalami masalah bau mulut seperti layaknya yang dialami orang dewasa. Terutama pada anak yang telah memiliki gigi lengkap dan makan menu makanan keluarga. Tentunya sebagai orangtua, kita harus membantu si kecil agar bisa terbebas dari masalah bau mulut. Anda pasti tak ingin anak merasa tidak percaya diri akibat bau mulut, bukan? Menghilangkan bau mulut pada anak, sebenarnya tidak sulit, namun Anda harus punya trik untuk mengajari anak agar mereka bisa menjaga kebersihan dan kesehatan mulutnya. Cara di bawah ini mungkin dapat memudahkan Anda mengatasi masalah bau mulut pada anak.

Batasi makanan manis

Makanan manis adalah makanan yang banyak disukai anak-anak. Sebut aja permen, cokelat, gulali, cake dan masih banyak lagi, semuanya kerap menjadi favorit anak. Namun, makanan seperti ini juga bisa menimbulkan bau mulut, bahkan membuat gigi keropos dan berlubang jika tidak dibersihkan dengan benar. Oleh karena itu batasi makanan manis yang dikonsumsi anak setiap harinya agar tidak mengonsumsi secara berlebihan. Pastikan anak juga berkumur dan minum air putih setelah makan makanan manis.

Selalu minum cukup air putih

Dehidrasi dapat membuat produksi air liur berkurang. Akibatnya mulut pun terasa kering. Kondisi mulut yang kering ini ternyata dapat menyebabkan aroma mulut lebih tajam. Jadi, pastikan kebutuhan minum anak terpenuhi setiap hari untuk menghindari munculnya bau mulut.

Edukasi kreatif

Anak-anak seringkali belum paham betul pentingnya menjaga kebersihan mulut. Tugas Anda sebagai orangtua untuk memberinya pemahaman dengan cara yang sesederhana mungkin. Anda bisa mencoba memberi pengertian dengan menggunakan media berupa cerita ataupun video youtube, yang bertemakan kesehatan dan kebersihan mulut. Bahkan Anda juga bisa menggunakan mainan DIY, gambar, atau alat peraga untuk memperkenalkan bagian-bagian mulut dan cara membersihkannya. Cobalah lebih kreatif agar anak dapat menerima edukasi lebih mudah.

Jadikan sikat gigi dan berkumur sebagai kebiasaan

Anak-anak adalah peniru ulung. Oleh karena itu jika Anda ingin mereka terbiasa melakukan kebiasaan baik seperti menyikat gigi, maka jadilah contoh yang baik untuk mereka. Anda bisa membuat rutinitas menyikat gigi bersama-sama sebelum tidur misalnya. Jadi, kebiasaan baik itu akan tumbuh pada diri anak. Bukan hanya menyikat gigi bersama, Anda juga bisa membiasakan anak berkumur dengan Total Care Junior Mothwash. Pertama dan satu-satunya mouthwash untuk anak-anak. Berfungsi untuk memperkuat gigi, mencegah gigi berlubang & mengurangi pertumbuhan bakteri jahat di mulut & gigi. Dengan rasa bubblegum strawberry yang disukai anak-anak serta sudah dilengkapi sertifikasi "HALAL" dari MUI. Anda bisa memperoleh Total Care Junior Mothwash di Blibli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee.