Sudah menyikat gigi dua kali sehari tapi masih sering bau mulut? Coba perhatikan kondisi gigi Anda dengan baik, apakah ada yang berlubang atau tidak? Gigi yang berlubang bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut yang masih jarang disadari oleh banyak orang hingga saat ini. Area gigi yang rusak dan berlubah dapat mempengaruhi lapisan dalam gigi bahkan menyebabkan infeksi, gigi tanggal, dan rasa sakit.

 

Selain itu, kondisi ini juga dapat menyebabkan terjadinya penumpukkan sisa makanan di dalam lubang gigi. Sisa makanan ini akan sulit dibersihkan dan lama kelamaan membusuk, sehingga memungkinkan bakteri dan kuman berkembang biak dengan pesat dan menjadi penyebab bau mulut yang tidak sedap. Beberapa tanda bahwa Anda mungkin memiliki gigi berlubang antara lain:

  • Gigi terasa sangat sensitif.
  • Sering mengalami sakit gigi.
  • Nyeri saat mengunyah atau menggigit.
  • Terdapat lubang pada gigi.

 

Cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang

Jika kebetulan Anda sedang mengalaminya, berikut ini beberapa cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang yang bisa Anda coba.

 

1. Melakukan perawatan gigi secara rutin

Sebaiknya lakukan perawatan di klinik dokter yang terpercaya setiap enam bulan sekali. Saat melakukan perawatan gigi, dokter akan menggunakan alat dan teknik khusus untuk membersihkan mulut serta gigi secara menyeluruh, terutama untuk menghilangkan plak dengan lebih efisien. Selain itu, dokter juga dapat mendeteksi risiko pembentukan lubang baru pada gigi.

 

2. Menambal gigi

Menutup lubang gigi dengan tambalan berwarna gigi resin komposit. Pertama-tama, gigi akan dipoles agar sesuai dengan warna gigi yang sudah ada. Resin komposit adalah bahan yang tahan lama yang dapat memperbaiki kerusakan yang berlebihan serta membantu memulihkan gigi baik dalam penampilan maupun fungsinya. Dengan menambal gigi, anda juga mengurangi risiko makanan menumpuk pada bagian gigi yang berlubang. Selain itu dapat mencegah risiko jangka panjang dari gigi berlubang.

 

3. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

Menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu setelah makan dan sebelum tidur. Bila perlu, lanjutkan dengan penggunaan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi. Anda juga bisa menggunakan sikat gigi elektrik atau sikat gigi berujung kecil menggunakan pasta gigi yang khusus untuk gigi berlubang untuk membersihkan bagian gigi yang sulit dijangkau. Pastikan juga untuk rutin membersihkan permukaan lidah dari bakteri, kotoran, dan sel-sel mati.

 

4. Mencukupi kebutuhan air minum

Minum air mineral yang cukup untuk menjaga mulut tetap lembap sekaligus membersihkan mulut dari bakteri dan kotoran yang terselip. Dengan begitu, Anda dapat mengurangi paparan bakteri maupun zat asam yang mengikis permukaan gigi.

 

5. Menghindari konsumsi gula

Menghindari minuman tinggi gula seperti soda dan minuman manis lainnya agar tidak ada gula yang menempel pada celah gigi.

 

Jaga juga kebersihan mulut dan gigi Anda dengan berkumur menggunakan dengan Total Care Mouthwash sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut karena gigi berlubang. Kandungan Formula CPC, Xylitol, dan 99% Natural Antibacterial dalam Total Care Mouthwash dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda dari bakteri dan kuman penyebab bau mulut yang tidak sedap. Yuk, dapatkan semua varian Total Care Mouthwash di Blibli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee sekarang juga!