Bau mulut tidak selalu dialami oleh orang dewasa saja, anak-anakpun dapat mengalaminya. Hal ini bermula sejak anak-anak mulai makan beragam makanan selain ASI dan gigi-gigi susunya mulai tumbuh satu persatu. Jika tak dirawat dengan benar, maka gigi anak juga bisa berlubang bahkan keropos dan busuk hingga akhirnya menyebabkan bau mulut. Tentu saja hal ini perlu dicegah agar jangan sampai dialami oleh anak-anak kita. Berikut ini cara yang bisa Anda terapkan untuk menghindari masalah gigi berlubang penyebab bau mulut pada anak.

 

‘Sikat’ gigi anak sedini mungkin

Gigi Berlubang, Penyebab Bau Mulut Pada Anak, Hindari dengan Cara Ini!

Mulailah mengajarkan kebiasaan meyikat gigi bahkan sejak anak belum tumbuh gigi! Caranya dengan mengusap lembut bagian lidah, gusi, dinding, dan langit-langit mulut dengan handuk atau kasa steril yang telah dibasahi air hangat (matang). Ketika gigi anak mulai tumbuh, Anda bisa memperkenalkan konsep sikat gigi dengan sikat gigi berbahan karet silikon yang aman untuk gusi anak. Lalu seiring dengan bertambahnya jumlah gigi anak, Anda bisa menggunakan sikat gigi khusus anak yang memiliki bulu sikat lembut.

Jika anak sudah berusia dua tahun atau ketika anak sudah bisa diajarkan membuang busa pasta gigi dari mulutnya (meludah), Anda bisa menambahkan pasta gigi khusus anak kira-kira sebesar biji jagung agar kegiatan menyikat gigi lebih bersih dan optimal.  

 

Hindari makanan mengandung gula

Gigi Berlubang, Penyebab Bau Mulut Pada Anak, Hindari dengan Cara Ini!

Perlunya membatasi makanan manis yang dikonsumsi anak, bukan hanya sekedar mitos. Faktanya makanan yang mengandung gula adalah makanan bagi bakteri di mulut. Jadi sebaiknya konsumsi makanan manis pada anak jangan sampai terlalu berlebihan, terutama jika pemanis yang digunakan adalah pemanis buatan seperti pada permen dan camilan kemasan lainnya.

 

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Mulut karena Gigi Berlubang

 

Cukupi kebutuhan cairan

Gigi Berlubang, Penyebab Bau Mulut Pada Anak, Hindari dengan Cara Ini!

Jika asupan cairan untuk anak tidak terpenuhi, ternyata juga bisa menjadi penyebab gigi berlubang pada anak. Asupan cairan yang rendah berpengaruh pada jumlah produksi air liur dan air liur sebenarnya berguna untuk melawan asam yang dihasilkan oleh bakteri di dalam mulut. Jadi pastikan anak-anak Anda terpenuhi kebutuhan cairan hariannya.

 

Ajari minum susu dari gelas

Gigi Berlubang, Penyebab Bau Mulut Pada Anak, Hindari dengan Cara Ini!

Sebagian anak memang sudah terbiasa menyusu lewat botol susu. Akan tetapi jangan biarkan kebiasaan ini berlangsung terlalu lama. Sebisa mungkin, ajari anak minum susu dari gelas sedini mungkin. Sebab salah satu penyebab gigi berlubang pada anak yang paling umum adalah kebiasaan minum susu botol  hingga tertidur. Dilansir dari hellosehat.com, susu yang menempel atau menggenang di sekitar gigi dalam waktu yang cukup lama, dapat membuat gigi rentan terhadap bakteri dan asam. Karena kandungan gula pada susu akan memberi makan bakteri jahat dalam mulut.

Selain langkah-langkah di atas, Moms juga bisa mengajari anak untuk berkumur dengan Total Care Mouthwash Junior. Pertama dan satu-satunya mouthwash untuk anak-anak. Berfungsi untuk memperkuat gigi, mencegah gigi berlubang & mengurangi pertumbuhan bakteri jahat di mulut & gigi. Dengan rasa bubblegum strawberry yang disukai anak-anak serta sudah dilengkapi sertifikasi "HALAL" dari MUI. Total Care Mouthwash Junior cocok digunakan oleh anak mulai dari usia 6 tahun. Dapatkan mouthwash satu ini di >Blibli, >Lazada, Tokopedia, dan >Shopee.