Selain menjaga penampilan luar, menjaga kesehatan gigi dan gusi juga bantu mengatasi bau mulut sehingga kepercayaan diri dapat meningkat untuk dapat beraktivitas dengan nyaman setiap harinya. Berikut beberapa cara alami yang dapat membantu Anda mengatasi bau mulut:

  1. Menjaga kebersihan mulut

Caranya adalah dengan sikat gigi secara teratur setidaknya dua kali sehari, pagi dan malam sebelum tidur. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk membantu melawan bakteri dan plak dan jangan lupa menyikat lidah menggunakan alat pembersih khusus untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut.

  1. Menggunakan benang gigi atau dental floss

Gunanya adalah untuk membersihkan sela-sela gigi dan menghilangkan plak yang tersembunyi.

  1. Berkumur dengan air garam

Tujuannya adalah untuk membantu membunuh bakteri dalam mulut dan mengurangi bau tidak sedap. Caranya cukup campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu berkumur selama 30 detik sebelum mengeluarkannya.

  1. Minum air yang cukup

Pastikan Anda cukup minum air sepanjang hari untuk menjaga kelembapan mulut. Sebab dehidrasi dan kondisi mulut yang kering (kurangnya produksi saliva) dapat menyebabkan bau mulut.

  1. Mengunyah daun mint atau peterseli

Mengunyah daun mint atau peterseli segar dapat membantu menyegarkan napas Anda dan mengurangi bau mulut. Hal ini karena daun mint mengandung minyak atsiri yang dapat membantu menghilangkan bau tak sedap.

  1. Berkumur dengan air lemon

Air lemon memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Campurkan jus lemon segar dengan air hangat dan berkumur selama beberapa detik.

  1. Mengunyah kayu manis atau cengkeh

Kayu manis dan cengkeh memiliki sifat antibakteri dan aromatik yang dapat membantu menyamarkan bau mulut. Anda bisa mengunyah sebatang kayu manis atau cengkeh setelah makan.

  1. Minum teh hijau

Melansir dari National Institutes of Health, teh hijau mengandung senyawa bernama polifenol yang dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut. Minum teh hijau tanpa gula setelah makan dapat membantu menyegarkan napas Anda.

  1. Makan buah apel dan wortel

Apel dan wortel mengandung serat yang membantu membersihkan sisa-sisa makanan dari gigi dan merangsang produksi air liur, yang dapat membantu mengurangi bau mulut.

  1. Menggunakan minyak kelapa

Cara mengatasi bau mulut dan mencegahnya datang lagi juga bisa dilakukan dengan metode oil pulling. Oil pulling adalah berkumur dengan minyak kelapa selama 15-20 menit setiap pagi sebelum makan. Ini dapat membantu membersihkan mulut dan mengurangi bau mulut.

  1. Menghindari makanan yang berbau tajam

Agar tidak bau mulut sebaiknya hindari makanan seperti bawang putih, bawang merah, dan makanan pedas, yang dapat meningkatkan bau mulut.

Selain mencoba beberapa hal di atas, masih ada cara mengatasi bau mulut yang lebih efisien, yaitu berkumur menggunakan Total Care Mouthwash Lemon Herbs secara rutin, terutama setelah makan. Total Care Mouthwash Lemon Herbs mengandung bahan alami seperti:

  • Habbatussauda (Jintan Hitam) yang membantu menghilangkan bau tak sedap di mulut.
  • Flavour lemon di dalamnya memberikan sensasi nafas lebih segar
  • Tea tree oil sebagai bahan anti-bacterial alami.

Total Care Mouthwash Lemon Herbs juga dilengkapi dengan CPC dan Xylitol yang terbukti efektif membunuh 99% virus dan bakteri yang ada di mulut sehingga kebersihan mulut terjaga. Tidak mengandung alkohol dan sudah dilengkapi dengan sertifikasi Halal, Total Care Mouthwash Lemon Herbs sangat cocok digunakan bagi pengguna yang mencari produk yang halal.

Namun jika sudah melakukan beberapa cara di atas tetapi bau mulut tetap menjadi masalah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter gigi atau dokter spesialis untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut, ya!