Bagi umat muslim, berpuasa di bulan Ramadan adalah momen yang selalu ditunggu setiap tahunnya. Tak hanya dilakukan untuk memenuhi salah satu kewajiban dalam ajaran agama, menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan juga dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti menjaga kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol agar lebih baik.

Namun dibalik keseruan berpuasa, ada satu permasalahan yang seringkali membuat kita merasa tidak nyaman dan percaya diri, yaitu risiko bau mulut atau halitosis yang terjadi karena berkurangnya aliran air liur. Jika sudah begini, sikat gigi secara rutin dan berkumur menggunakan mouthwash menjadi solusi tepat untuk mengatasinya. Untuk mengetahui bagaimana cara berkumur yang baik dan benar untuk menghilangkan bau mulut saat puasa, simak dulu penjelasannya berikut ini.

Penyebab bau mulut saat berpuasa

Melansir dari Halodoc.com, bau mulut saat berpuasa muncul akibat berkurangnya produksi air liur di mulut karena tidak ada asupan cairan selama puasa. Padahal, air liur merupakan cairan pembersih alami yang mengandung enzim untuk mencerna serat dan glikoprotein untuk melindungi mukosa mulut. Tak hanya itu saja, air liur juga berperan sebagai sistem imun untuk menghadang bakteri dan virus yang masuk melalui mulut.

Kondisi inilah yang membuat rongga mulut menjadi kering, sehingga bakteri dapat berkembangbiak dengan cepat dalam lidah, gigi dan mulut, hingga pada akhirnya memicu bau mulut yang tidak sedap ketika puasa. Meski begitu, masih ada beberapa penyebab bau mulut lainnya saat berpuasa, misalnya karena seseorang memiliki masalah kesehatan gigi dan mulut serta gangguan pada asam lambungnya.

Bolehkah berkumur menggunakan mouthwash saat berpuasa?

Tentu boleh. Selain menggosok gigi, cara lain untuk menjaga napas tetap segar selama berpuasa adalah berkumur menggunakan mouthwash setelah sahur, pagi hari sebelum beraktivitas, siang hari, dan kapan saja saat Anda merasa memerlukannya. Namun, pastikan bahwa mouthwash yang Anda gunakan tidak tertelan agar tidak membatalkan puasa.

Untuk hasil yang maksimal, pilih jenis obat kumur yang dapat membunuh bakteri mulut, sehingga proses pembusukan sisa makanan oleh sisa bakteri bisa dicegah. Sebagai rekomendasinya, Anda bisa memilih Total Care Mouthwash sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut saat berpuasa. Kandungan Formula CPC, Xylitol, dan 99% Natural Antibacterial dalam Total Care Mouthwash dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut dari bakteri dan kuman penyebab bau mulut yang tidak sedap.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, simak cara berkumur yang baik dan benar untuk menghilangkan bau mulut saat puasa.

  1. Tuangkan obat kumur secukupnya (sesuai dengan takaran yang ada di kemasan) ke dalam mulut.
  2. Berkumur selama 30 detik untuk membersihkan sisa makanan dan kotoran yang menempel di sela gigi, lidah, dan langit-langit mulut.
  3. Jangan ditelan, langsung buang cairan mouthwash yang sudah digunakan.

Cara mencegah bau mulut saat berpuasa

Agar terhindar dari bau mulut yang tidak sedap selama berpuasa, lakukan beberapa hal berikut ini.

  1. Hindari makanan dengan aroma yang menyengat, seperti bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah. Sebab beberapa bahan makanan ini dapat meninggalkan bau yang tidak sedap di mulut. Sebagai gantinya, konsumsi makanan yang tinggi kadar airnya agar dapat membersihkan sisa-sisa makanan dan bakteri.
  2. Mencukupi kebutuhan air minum, terutama saat sahur agar badan tetap terhidrasi dengan baik dan membantu membersihkan partikel makanan yang dapat menyebabkan bau mulut. Usahakan untuk minum setidaknya 8-10 gelas air antara waktu berbuka dan sahur. Anda juga dapat mengonsumsi buah dan sayuran yang kaya air saat berbuka puasa untuk membantu menjaga mulut Anda tetap terhidrasi.
  3. Menggosok gigi 30-60 menit setelah sahur dan berbuka puasa. Hal ini akan memberikan air liur waktu yang cukup untuk membersihkan sisa makanan secara alami dan memungkinkan mulut untuk kembali ke tingkat pH yang normal.
  4. Membersihkan lidah menggunakan pengikis lidah untuk menghilangkan bakteri mulut yang menempel.
  5. Berkumur menggunakan mouthwash secara rutin untuk mencegah bakteri berkembangbiak sekaligus menjaga kesegaran mulut selama berpuasa.

Dengan begini kebersihan gigi dan mulut tetap terjaga, napas kembali segar, dan Anda pun dapat beraktivitas dengan lebih nyaman dan percaya diri selama berpuasa.