Saat melakukan perjalanan jauh, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum, kita cenderung mengalami bau mulut yang tidak sedap. Tak heran jika pada akhirnya kita merasa tidak nyaman dan rasa percaya diri pun menurun. Pada dasarnya, bau mulut yang tidak sedap ini bisa terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Perut dalam kondisi kosong. Hal ini terjadi karena produksi air liur dalam mulut mengalami penurunan, sehingga mulut menjadi kering dan bau.
  2. Tidak sempat untuk menjaga kesehatan mulut secara rutin, misalnya saat menempuh perjalanan jauh selama belasan bahkan puluhan jam menggunakan pesawat terbang, ketika mudik dan terjebak macet, atau ketika bepergian menggunakan kereta api.
  3. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis selama perjalanan.
  4. Tidak mencukupi kebutuhan air minum.

Cara mengatasi bau mulut saat bepergian

Nah, jika Anda tidak ingin mengalami bau mulut yang tidak sedap dan cukup mengganggu perjalanan, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Tetap membawa alat kebersihan gigi dan mulut.

Agar lebih praktis, bawalah alat kebersihan khusus bepergian dengan ukuran yang kecil dan bisa disimpan di dalam tas, mulai dari sikat gigi, pasta gigi, hingga obat kumur seperti Total Care Mouthwash sebagai salah satu cara menghilangkan bau mulut saat bepergian.

Kandungan Formula CPC, Xylitol, dan 99% Natural Antibacterial dalam Total Care Mouthwash dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut dari bakteri dan kuman penyebab bau mulut yang tidak sedap, terutama saat melakukan perjalanan mudik lebaran.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, simak cara berkumur yang baik dan benar untuk menghilangkan bau mulut saat puasa.

  1. Tuangkan obat kumur secukupnya (sesuai dengan takaran yang ada di kemasan) ke dalam mulut.
  2. Berkumur selama 30 detik untuk membersihkan sisa makanan dan kotoran yang menempel di sela gigi, lidah, dan langit-langit mulut.
  3. Jangan ditelan, langsung buang cairan mouthwash yang sudah digunakan.

Jika Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi, maka sempatkan untuk membersihkan mulut dan gigi dengan cara menggosok gigi atau berkumur saat berada di rest area. Namun jika Anda menggunakan transportasi umum seperti kereta atau pesawat, gunakan toilet yang tersedia sebagai tempat untuk membersihkan mulut dan gigi. Agar lebih efisien, siapkan alat kebersihan dalam tas kecil khusus yang muat disimpan di dalam tas jinjing, sehingga Anda tidak perlu repot untuk mencarinya.

ARTIKEL TERKAIT