Belakangan ini, kita dihadapkan dengan masalah polusi udara yang semakin memburuk di beberapa kota besar. Kondisi inilah yang akhirnya menuntut kita untuk selalu menjaga kebersihan hidung dengan lebih konsisten. Pasalnya, rongga hidung berperan sebagai jalur masuk udara ketika bernapas, dimana udara yang masuk disaring dari kuman dan kotoran yang kita hirup. Dengan begini, saluran napas akan terjaga dalam kondisi yang bersih dan lembap, sehingga fungsi utamanya tetap berjalan optimal dalam menjaga kesehatan saluran pernapasan dan kesehatan tubuh.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kebersihan dan kelembapan rongga hidung adalah dengan mencuci hidung atau nasal rinse. Nasal rinse adalah cara membersihkan rongga hidung dengan mengalirkan cairan (umumnya larutan garam atau air garam steril) melalui lubang hidung untuk membersihkan lendir, debu, alergen, atau partikel lain yang mungkin terperangkap di dalamnya. Meski bisa digunakan untuk membersihkan rongga hidung, sayangnya nasal rinse bukan cara yang praktis untuk membersihkan hidung, terutama bagi orang yang memiliki mobilitas tinggi setiap harinya.

Untungnya, ada produk Nasal Spray yang dapat menjadi alternatif praktis membersihkan hidung. Untuk memahami lebih lanjut fungsi dan cara penggunaan nasal spray, yuk simak penjelasannya berikut ini!

 

Apa itu nasal spray antiseptik?

Nasal spray merupakan obat yang diberikan melalui semprotan ke dalam lubang hidung. Penggunaan Nasal Spray ini menjadi cara efektif dan juga praktis untuk memberikan obat ke area hidung ketika pilek dan alergi. Umumnya, nasal spray mengandung beberapa jenis cairan untuk membunuh kuman dan bakteri di rongga hidung. Nasal Spray biasanya dikemas dalam botol yang dilengkapi dengan nozzle atau semprotan khusus dan presisi agar mudah digunakan sehari-hari.

Fungsi nasal spray

Umumnya, fungsi nasal spray akan berbeda dari setiap jenisnya, salah satunya adalah nasal spray antiseptik yang memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Menjaga kelembapan dan kebersihan rongga hidung.
  2. Memberi perlindungan terhadap infeksi bakteri dan virus.
  3. Membantu mengencerkan lendir di hidung, sehingga mengurangi sumbatan pada hidung saat flu/pilek, rhinitis akut, rhinosinusitis.

Cara penggunaan nasal spray antiseptik

Agar tepat guna, simak cara menggunakan nasal spray secara tepat berikut ini.

  1. Bersihkan rongga hidung menggunakan tisu sebelum menyemprotkan nasal spray.
  2. Lepaskan tutu pelindung dan semprotkan beberapa kali sampai cairan keluar dari sprayer.
  3. Atur posisi duduk tegak dan kepala agak menunduk. Pegang botol dengan posisi tegak.
  4. Bersihkan bagian ujung nasal spray menggunakan lap atau tissue bersih setelah menyemprotkannya ke dalam hidung.
  5. Tutup kembali nasal spray setelah pemakaian.

Salah satu produk yang bisa digunakan adalah Total Care Antiseptic Nasal Spray, varian terbaru dari Total Care untuk menjaga kebersihan dan kesehatan rongga hidung. TotalCare Antiseptic Nasal Spray terbukti secara klinis 99,99% membunuh kuman, sehingga mampu melumpuhkan bakteri, virus, dan jamur sebelum masuk ke dalam tubuh berkat kandungan HOCl di dalamnya.

Menurut badan kesehatan dunia WHO, HOCl dianggap sebagai disinfektan yang paling ampuh membunuh bakteri&virus. Tak perlu khawatir, sebab kandungan HOCl dalam TotalCare Antiseptic Nasal Spray merupakan zat aktif yang relative aman digunakan sehari-hari, oleh anak-anak dan ibu hamil dengan aturan pakai sebagai berikut:

  • Dewasa dan anak usia di atas 2 tahun: 2 kali semprotan di setiap lubang hidung, 4-5 kali sehari.
  • Anak usia kurang dari 2 tahun: 1-2 kali semprotan di setiap lubang hidung, 2-3 kali sehari. Sebelum penggunaannya konsultasikan lebih dahulu dengan dokter anak.

Tetap sehat di tengah polusi udara, yuk jaga kebersihan hidung dengan TotalCare Antiseptic Nasal Spray dan lakukan perawatan oral dengan TotalCare Mouthwash secara rutin mulai sekarang. Total Protection For You!

ARTIKEL TERKAIT