Minum kopi baik dalam keadaan dingin maupun panas nampaknya sudah menjadi kebiasaan yang kita lakukan setiap pagi. Hal ini dilakukan dengan anggapan bahwa kopi bisa membuat kita menjadi lebih segar dan tidak mengantuk saat beraktivitas. Namun, meski kopi termasuk salah satu minuman yang nikmat, ada beberapa dampak buruk bagi kesehatan yang mungkin Anda alami jika mengonsumsinya secara berlebihan. Apa saja, ya?

 

Memengaruhi kesehatan lambung

Dilansir dari situs kesehatan online Hellosehat.com, kopi memiliki rasa asam yang akan sangat berpengaruh bagi penderita masalah lambung. Jika Anda seringkali mengonsumsinya di pagi hari sebelum beraktivitas (terurama saat perut masih kosong), maka hal ini dapat mengganggu sistem pencernaan. Seseorang yang mengalaminya akan merasakan beberapa gejala seperti:

  • Mual dan kesulitan menelan
  • Nyeri dada
  • Radang kerongkongan
  • Kerongkongan terasa nyeri dan panas
  • Bau mulut
  • Rasa asam pada mulut

 

Meningkatkan risiko penyakit jantung

Selain memicu naiknya asam lambung, terlalu sering minum kopi apalagi dalam jumlah yang berlebihan juga bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Risiko juga akan semakin tinggi bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, seperti mutase genetic yang membuat proses pemecahan kafein dalam tubuh berjalan lebih lambat. Untuk menghindari risiko penyakit jantung, sebaiknya konsumsi kopi satu cangkir saja setiap harinya, ya.

 

Menimbulkan masalah pada kesehatan mulut dan gigi

Mengonsumsi kopi secara rutin juga bisa memengaruhi kesehatan mulut dan gigi. Jika Anda termasuk salah satu penggemar kopi, maka tak heran jika kondisi gigi saat ini berwarna kekuningan. Hal ini terjadi karena kopi yang dikonsumsi biasanya mengandung banyak gula dan zat tanin yang asam. Kedua hal inilah yang dapat mengikis lapisan pelindung gigi (enamel) secara perlahan dan membuat plak semakin lengket menempel di gigi. Jika hal ini dibiarkan terus-menerus, maka bisa memicu masalah gigi, gusi, dan mulut yang lebih parah.

 

Lantas, bagaimana mengatasinya?

Tak perlu khawatir, Anda tetap dapat mengonsumsi kopi tentunya dengan memerhatikan cara sehat menikmatinya untuk meminimalisir efek buruk yang mungkin timbul. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan antara lain:

  • Memerhatikan jumlah takaran kopi setiap harinya. Normalnya, asupan kafein yang dianjurkan adalah 400 mg atau maksimal dua cangkir kopi setiap harinya bagi orang dewasa.
  • Waktu terbaik untuk minum kopi adalah di siang hari, saat perut sudah terisi makanan.
  • Tidak menambahkan gula ke dalam kopi untuk menghindari kondisi asam di mulut menjadi lebih buruk.

Tak cukup hanya dengan ketiga hal di atas, Anda juga tetap bisa minum kopi dan menjaga kesehatan mulut serta gigi dengan membersihkan mulut secara rutin. Selain menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, Anda bisa berkumur menggunakan Total Care Mouthwash Coffee Drinkers Whitening, obat kumur dengan kandungan bahan alami lime atau jeruk nipis untuk menjaga gigi tampak lebih putih alami.

 

Kandungan Tea Tree Oil, CPC Technology & Xylitol di dalamnya juga berperan sebagai anti bacterial alami sekaligus memberikan perlindungan dari plak dan tartar, sehingga para peminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat menikmatinya tanpa khawatir. Bahkan,  Total Care Mouthwash Coffee Drinkers Whitening sudah tersertifikasi HALAL serta terbukti efektif membunuh 99% virus corona di rongga mulut. Agar kesehatan mulut dan gigi tetap terjaga serta napas tetap segar, pastikan untuk selalu berkumur menggunakan Total Care Mouthwash Coffee Drinkers Whitening setelah menikmati kopi Anda setiap harinya, ya!