Bukan karena malas menggosok gigi, terkadang bau mulut dan gigi kuning yang Anda alami juga bisa terjadi akibat konsumsi kopi yang dilakukan setiap hari. Tak hanya terasa sangat menyebalkan, keluhan bau mulut dan gigi yang menguning juga sukses membuat rasa percaya diri menurun drastis, terutama saat berinteraksi dengan orang lain.

Gigi kuning dan bau mulut akibat kopi

Melansir dari Hellosehat.com, kandungan kafein yang tinggi dalam beberapa minuman seperti kopi dan teh menyebabkan gigi kuning karena enamel gigi yang terkikis. Selain itu, kandungan asam tanat di dalam kopi menyebabkan plak pada permukaan gigi dan meninggalkan noda berwarna kecoklatan yang akhirnya menguning.

Sedangkan bau mulut atau yang dikenal juga dengan istilah halitosis pada umumnya disebabkan oleh beberapa hal berikut ini.

  1. Mengonsumsi makanan tertentu, misalnya makanan yang mengandung bawang putih, bawang bombay, atau jenis makanan dengan aroma cukup menyengat yang dikonsumsi dan terserap ke dalam aliran darah. Sampai makanan tersebut keluar dari tubuh, makanan ini masih berpotensi mempengaruhi pernapasan kita.
  2. Jarang membersihkan gigi dengan benar membuat sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut dan sela-sela gigi membusuk dan meningkatkan perkembangbiakan bakteri di dalam mulut. Kondisi inilah yang menyebabkan timbulnya bau yang tidak sedap di dalam mulut.
  3. Penyakit periodontal adalah penyakit inflamasi atau pembengkakan yang terjadi pada jaringan periodontal dan disebabkan oleh infeksi bakteri yang menumpuk di gigi dan gusi. Salah satu gejala utama dari penyakit gusi ini adalah bau mulut yang tidak sedap dan rasa yang tidak enak di dalam mulut.
  4. Mulut kering (Xerostomia) yang terjadi akibat penurunan produksi air liur yang besar, sehingga mulut tidak dapat membersihkan dirinya sendiri dan membuang sisa-sisa makanan dan partikel yang tertinggal. Mulut kering dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu, gangguan kelenjar ludah, atau akibat kebiasaan bernapas melalui mulut, bukan hidung.
  5. Kebiasan merokok dan minum kopi. Produk tembakau seperti rokok, cerutu, atau tembakau tanpa asap serta kebiasaan minum kopi dapat membuat gigi menguning, membuat tubuh berisiko terkena sejumlah penyakit, dan juga memicu bau mulut yang tidak sedap.
  6. Pengaruh penyakit tertentu seperti infeksi pernapasan, infeksi pada hidung, tenggorokan, atau paru-paru, bronkitis kronis, sinusitis kronis, gangguan pencernaan, serta gangguan hati atau ginjal.

Cara mengatasi gigi kuning dan bau mulut akibat konsumsi kopi

Ingin tetap bisa minum kopi tapi tidak membuat gigi semakin kuning dan bau mulut? Tak perlu khawatir! Meski membutuhkan proses yang tidak instan, berikut ini beberapa cara mengatasi gugi gigi kuning dan bau mulut akibat minum kopi yang bisa Anda coba.

1. Membersihkan gigi secara rutin

Selanjutnya adalah dengan cara menggosok gigi secara rutin, yaitu setelah makan dan sebelum tidur di malam hari. Kamu juga bisa menggunakan bahan alami seperti garam sebagai scrub untuk mengatasi gigi kuning karena kopi.

2. Mengonsumsi buah-buahan tinggi air

Kandungan air pada buah-buahan seperti semangka dianggap dapat membersihkan gigi dan gusi dari plak dan bakteri yang menyebabkan gigi kuning. Mengunyah buah yang renyah juga dapat meningkatkan produksi air liur. Hal inilah yang membantu menghilangkan partikel makanan yang tersangkut di gigi dan membersihkan asam yang berbahaya.

3. Mengonsumsi makanan berserat

Mengunyah sayuran dan kacang-kacangan berserat tinggi dapat membantu menetralkan asam dalam mulut dan melindungi enamel pada gigi. Aktivitas ini juga dapat memicu mulut untuk memproduksi lebih banyak air liur yang dapat membantu membersihkan mulut dari asam.

4. Berkumur setelah minum kopi

Cara mengatasi gigi kuning adalah dengan berkumur menggunakan Total Care Mouthwash Coffee Drinkers Whitening yang mengandung bahan alami Lime atau Jeruk Nipis yang dapat menjaga gigi tampak lebih putih alami. Selain itu, kandungan tea tree oil di dalamnya berperan sebagai anti-bacterial alami, memberikan perlindungan dari plak dan tartar, sehingga Anda tetap dapat minum kopi maupun teh tanpa khawatir.

Total Care Mouthwash dilengkapi dengan CPC dan Xylitol yang terbukti efektif membunuh 99% virus dan bakteri yang ada di mulut sehingga kebersihan mulut terjaga. Total Care Mouthwash tidak mengandung alkohol dan sudah dilengkapi dengan sertifikasi Halal sehingga membuat nyaman bagi pengguna yang mencari produk yang halal.

ARTIKEL TERKAIT