Tak hanya menimbulkan rasa malu, pada beberapa kasus tertentu keluhan bau mulut yang tidak sedap atau disebut juga dengan halitosis juga dapat menyebabkan kecemasan. Melansir dari Mayoclinic.org, bau mulut yang tidak sedap dapat bervariasi, tergantung dari sumber atau penyebabnya. Beberapa orang terlalu mengkhawatirkan napas mereka meskipun mereka memiliki sedikit atau bahkan tidak memiliki bau mulut sama sekali, sementara yang lain memiliki bau mulut dan tidak mengetahuinya. Anda pernah mengalaminya?

Penyebab bau mulut tidak sedap

Penyebab bau mulut tidak sedap yang paling umum adalah kebiasaan menjaga kesehatan gigi yang buruk atau adanya masalah kesehatan tertentu yang dialami oleh seseorang. Nah, agar dapat mengetahui bagaimana cara mengatasi keluhan bau mulut yang tidak sedap, sebaiknya pahami dulu beberapa penyebab napas yang bau menurut John Hopkins Medicine berikut ini.

1. Konsumsi makanan tertentu

Makanan seperti bawang putih dan bawang bombay, atau jenis makanan dengan aroma cukup menyengat yang dikonsumsi dan terserap ke dalam aliran darah. Sampai makanan tersebut keluar dari tubuh, maka makanan tersebut masih berpotensi mempengaruhi bau mulut Anda.

2. Cara merawat kesehatan gigi dan mulut yang buruk

Beberapa kebiasaan tidak sehat seperti jarang menyikat/membersihkan gigi dengan benar dan teratur, atau tidak pernah melakukan pemeriksaan gigi secara rutin (scaling atau pembersihan karang gigi) dapat meningkatkan perkembangbiakan bakteri di dalam mulut. Tak hanya itu saja, sisa makanan yang tertinggal di dalam mulut dan sela-sela gigi jika dibiarkan maka lama-kelamaan akan membusuk. Kondisi inilah yang menyebabkan timbulnya bau dan rasa yang tidak sedap di dalam mulut.

3. Cara merawat gigi palsu yang tidak tepat

Gigi palsu yang tidak dibersihkan dengan benar dapat membuat bakteri, jamur, dan partikel makanan yang tersisa menumpuk di dalam mulut dan menyebabkan bau napas yang tidak sedap.

4. Bakteri penyebab bau pada lidah

Bakteri tertentu di bagian belakang lidah dapat berinteraksi dengan asam amino yang berasal dari makanan dan menghasilkan senyawa sulfur yang berbau.

5. Penyakit periodontal

Penyakit periodontal adalah penyakit inflamasi atau pembengkakan yang terjadi pada jaringan periodontal dan disebabkan oleh infeksi bakteri yang menumpuk di gigi dan gusi. Salah satu gejala utama dari penyakit gusi ini adalah bau mulut yang tidak sedap dan rasa yang tidak enak di dalam mulut. Kondisi ini membutuhkan perawatan segera oleh dokter.

6. Mulut kering (Xerostomia)

Kondisi ini terjadi akibat penurunan produksi air liur yang besar, sehingga mulut tidak dapat membersihkan dirinya sendiri dan membuang sisa-sisa makanan dan partikel yang tertinggal. Mulut kering dapat disebabkan oleh obat-obatan tertentu, gangguan kelenjar ludah, atau akibat kebiasaan bernapas melalui mulut, bukan hidung.

7. Kebiasan merokok dan minum kopi

Produk tembakau seperti rokok, cerutu, atau tembakau tanpa asap serta kebiasaan minum kopi dapat membuat gigi menguning, membuat tubuh berisiko terkena sejumlah penyakit, dan juga memicu bau mulut yang tidak sedap.

8. Pengaruh penyakit tertentu

Beberapa jenis penyakit yang bisa menjadi penyebab bau mulut tidak sedap diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Infeksi pernapasan
  • Infeksi pada hidung, tenggorokan, atau paru-paru
  • Bronkitis kronis
  • Sinusitis kronis
  • Diabetes
  • Gangguan pencernaan
  • Gangguan hati atau ginjal

Cara mengatasi bau mulut yang tidak sedap

Untuk mengurangi bau mulut tidak sedap atau halitosis, simak beberapa caranya berikut ini.

  1. Membersihkan gigi dengan cara menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu setelah makan dan sebelum tidur di malam hari.
  2. Sikat lidah, pipi, dan langit-langit mulut Anda. Sebab sebagian besar bakteri penyebab bau mulut hidup dan berkembangbiak di lidah.
  3. Jika Anda menggunakan gigi palsu, lepaskan gigi palsu pada malam hari dan bersihkan sepenuhnya sebelum memasangnya kembali ke dalam mulut.
  4. Mengurangi atau menghentikan kebiasaan merokok.
  5. Melakukan perawatan gigi secara teratur di klinik dokter gigi terpercaya, sehingga jika ditemukan masalah seperti penyakit gusi, infeksi, dan mulut kering bisa segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Selain melakukan perawatan gigi di klinik dokter gigi dan menyikat gigi secara rutin dua kali sehari, Anda juga bisa berkumur dengan Total Care Mouthwash sebagai salah satu langkah awal untuk menghindari bau mulut. Kandungan Formula CPC, Xylitol, dan 99% Natural Antibacterial dalam Total Care Mouthwash dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda dari bakteri dan kuman penyebab bau mulut yang tidak sedapp. Yuk, dapatkan semua varian Total Care Mouthwash di Blibli, Lazada, Tokopedia, dan Shopee sekarang juga!

ARTIKEL TERKAIT